• 08124202015
  • BTP Grand Central No. 12, Makassar
  • 08124202015
  • BTP Grand Central No. 12, Makassar
profile

(D3) D3 Kebidanan

Fakultas Kesehatan

AKREDITASI : BAIK
TANGGAL BERDIRI : 18/07/2024
SK PENYELENGGARA : 432/E/O/2024
TANGGAL SK : 18/07/2024

Kenapa Harus Memilih Jurusan ini

  1. Ketika lulus kuliah, kamu akan langsung mengucap sumpah profesi Bidan. Tentu saja hal ini menyenangkan kan?
  2. Tenaga medis selalu dibutuhkan, jadi nggak heran kalau waktu tunggu lulusannya untuk dapat pekerjaan pertama relatif singkat. Apalagi kalau Quipperian rajin, pandai, dan tekun, pastilah tawaran pekerjaan akan cepat menghampirimu.
  3. Ilmu yang kamu peroleh selama kuliah begitu dekat dengan kehidupan sehari-hari, jadi sangat bermanfaat untuk diri sendiri, keluarga, orang-orang di sekitarmu, juga masyarakat luas.
  4. Selain jadi Bidan bisa juga kamu merangkap jadi praktisi hypnobirthing ataupun prema birthing setelah mengambil sertifikasi praktisi di bidang ini.
  5. Setelah beberapa tahun meniti karier sekaligus memperluas jaringan ke rekan sejawat, kamu bisa membuka praktek sendiri lho.
  6. Pendidikan Kebidanan akan membuat kamu menjadi seseorang yang multitasking karena terbiasa menjalani berbagai peran, kamu dituntut untuk luwes bergaul namun tetap bisa serius dan teliti saat menghadapi pasien. Bidan juga kerap dianggap memiliki pribadi yang kuat, mandiri, dan lemah lembut, mudah bergaul, dan punya sifat keibuan.Katanya ini juga syarat menjadi menantu idaman lho!

Kompetensi Prodi

  • Jurusan Kebidanan merupakan jurusan yang akan mengajarkan kamu cara menolong persalinan, kamu akan berperan dalam membantu dan memimpin persalinan. Kamu juga akan dilatih untuk melakukan pemeriksaan kehamilan, melakukan perawatan
    1. Kemampuan komunikasi
    2. Kemampuan beradaptasi dengan lingkungan secara cepat
    3. Kemampuan melakukan observasi
    4. Kemampuan melakukan analisis
    5. Kemampuan berpikir kritis
    6. Keterampilan interpersonal

Visi

  • Prospek Kerja

    Pekerjaan utama bagi lulusan Kebidanan pasti Bidan. Kalau kamu punya Sertifikasi Kompetensi Bidan otomatis akan memberi nilai tambah pada dirimu, Quipperian. Secara umum, rata-rata gaji lulusan Kebidanan berada pada kisaran Rp4.000.000 sampai Rp6.000.000. Besaran ini tentunya juga memperhatikan lokasi tempatmu bekerja ya. Selain bekerja sebagai Bidan, kamu juga bisa berperan sebagai penyuluh kesehatan maupun penyuluh keluarga berencana lho. Selain itu, kamu juga punya kesempatan untuk mengembangkan dirimu dalam hal lain. Misalnya menjadi instruktur prenatal yoga ataupun instruktur senam hamil. Berikut ini terdapat beberapa pilihan karier yang bisa kamu geluti setelah lulus kuliah

Misi

  • Jurusan Kebidanan menawarkan pendidikan vokasional yang bisa ditempuh selama 3 tahun atau 6 semester untuk D3 dan 4 tahun atau 8 semester untuk D4. Selama di kampus, kamu akan belajar secara lebih mendalam tentang fungsi-fungsi reproduksi dan hal-hal yang berhubungan sama usaha meningkatkan kesejahteraan keluarga. Dibekali juga dengan keterampilan melakukan pemeriksaan pada fase-fase kehamilan, melakukan perawatan, juga memberikan asuhan. Kamu juga akan belajar bagaimana seharusnya bersikap dan menghadapi pasien. Menariknya di kelas Asuhan Kebidanan, kamu akan belajar mendokumentasikan apa saja yang telah kamu lakukan pada pasien.

    Mata kuliah yang bisa kamu temui misalnya Anatomi Fisiologi, Biorep dan Mikrobiologi, Keterampilan Dasar Kebidanan, Komunikasi dalam Praktik Kebidanan, Etikolegal dalam Praktik Kebidanan, Obstetri dan Ginekologi, Asuhan Kebidanan Kehamilan, Asuhan Kebidanan Persalinan dan Bayi Baru Lahir, Asuhan Kebidanan Nifas dan Menyusui, Asuhan Kebidanan Neonatus Bayi, Balita, dan Anak pra Sekolah, Asuhan Kebidanan Kegawatdaruratan Maternal Neonatal, Asuhan Kebidanan Komunitas, Epidemiologi, Farmakologi, Mutu Layanan Kebidanan dan Kebijakan Kesehatan, Promosi Kesehatan, dan lainnya. Selain teori, pastinya ada praktiknya juga dong, Quipperian.

    Nah, setelah menuntaskan studi di Jurusan Kebidanan, kamu berhak menyandang gelar Ahli Madya Kebidanan untuk D3 dan Sarjana Terapan Kebidanan untuk D4. Kalau ingin melanjutkan ke jenjang pascasarjana bisa mengambil Magister Kebidanan atau program lain yang mendukung mendukung profesimu

Kontak Prodi

  • Alamat:

    BTP Grand Central No. 12 Makassar

  • Telepon:08124202015
  • Email:stikfamika@gmail.com