• 08124202015
  • BTP Grand Central No. 12, Makassar
  • 08124202015
  • BTP Grand Central No. 12, Makassar
profile

(S1) S1 Biomedik

Fakultas Kesehatan

AKREDITASI : BAIK
TANGGAL BERDIRI : 18/07/2024
SK PENYELENGGARA : 432/E/O/2024
TANGGAL SK : 18/07/2024

Kenapa Harus Memilih Jurusan ini!

  1. Selain Kedokteran dan Farmasi, Ilmu Biomedis juga membawa pengaruh besar di bidang kesehatan. Termasuk di era pandemi, para ahli di bidang Biomedis memiliki peran melakukan penelitian mengenai obat dan vaksin terkait dengan virus Covid-19.
  2. Kesehatan adalah salah satu aspek vital dalam kehidupan manusia. Oleh karena itu, peluang lulusan Ilmu Biomedis dalam berkarier terbuka luas.
  3. Lulusan Ilmu Biomedis bukan hanya dibutuhkan di bidang kesehatan, tetapi juga bidang lainnya. Hal ini disebabkan karena Ilmu Biomedis dibutuhkan untuk melakukan analisis dan pengujian terhadap suatu produk pada berbagai sektor.

Kompetensi Prodi

  • Seperti yang telah dikatakan, bahwa Ilmu Biomedis memiliki cakupan yang luas, sehingga peluang karier pada jurusan ini sangat beragam. Kamu bisa menjadi peneliti atau ahli forensik. Selain itu, peluang lain adalah menjadi praktisi dan bagian analisis di pusat pengujian, laboratorium riset, badan penelitian, ataupun rumah sakit. Kamu juga bisa menjadi product expnert atau penguji obat jika bekerja di perusahaan farmasi.

    Profesi lain yang dapat kamu tekuni kelak adalah ahli virologi, yang memiliki peranan penting di era pandemi. Ahli virologi atau dalam bahasa Inggris disebut virologist merupakan ilmuwan kesehatan yang berfokus pada studi infeksi virus, seperti rubella, herpes, hepatitis, HIV, atau virus lainnya.

    Jika kamu menjadi seorang ahli virologi, beberapa pekerjaan yang akan kamu lakukan adalah melakukan analisis kimia terhadap zat di dalam virus, menganalisis bagaimana penyebaran penyakit akibat penularan virus, membantu pencegahan serta pengendalian wabah infeksi virus, dan masih banyak lagi.

    Bukan hanya di bidang kesehatan, lulusan Ilmu Biomedis bisa merambah bidang lainnya seperti di industri makanan dan minuman serta perusahaan penerbit. Di industri makanan dan minuman, lulusan Ilmu Biomedis memiliki peluang untuk menjadi microbiologist yang salah satu tugasnya adalah memastikan makanan ataupun minuman aman untuk dikonsumsi. Sedangkan di perusahaan penerbit, kamu bisa menjadi penulis untuk konten sains

    Pengetahuan dan Keahlian
    1. Kemampuan mengembangkan teknik-teknik biomedis dasar dalam penelitian
    2. Kemampuan mengambil tindakan medis dengan tepat
      1. Kemampuan analisis dan riset
      2. Kemampuan bersikap rasional dan observan
      3. Keterampilan dalam pendekatan holistik dan komprehensif
      4. Kemampuan memecahkan masalah
      5. Memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas

    Visi

    • Menjadi program studi Ilmu Biomedis unggul dan inovatif dalam bidang bioteknologi medis yang mampu berdaya saing di tingkat nasional pada tahun 2034.

    Misi

      1. Menyelenggarakan pendidikan S1 Sains Biomedis yang menghasilkan lulusan yang memiliki skill, profesional, unggul dan bermoral dalam bidang bioteknologi medis.
      2. Menyelenggaran penelitian bidang sains biomedis yang menghasilkan inovasi bioteknologi medis untuk meningkatkan kesehatan manusia.
      3. Menyelenggaran pengabdian terhadap masyarakat yang berbasis IPTEK pada bidang sains biomedis.
      4. Menjalin hubungan kerjasama secara kesinambungan dengan menerapkan prinsip kesetaraan dan kemitraan dalam bidang sains biomedis.
      5. Menerapkan sistem tata kelola program studi berbasis SPMI.

    Kontak Prodi

    • Alamat:

      BTP GRAND CENTRAL NO. 12 MAKASSAR

    • Telepon:0816340098
    • Email:univ.famika@gmail.com