• 08124202015
  • BTP Grand Central No. 12, Makassar
  • 08124202015
  • BTP Grand Central No. 12, Makassar
profile

(S1) S1 Hukum

Fakultas Hukum

AKREDITASI : BAIK
TANGGAL BERDIRI : 18/07/2024
SK PENYELENGGARA : 432/E/O/2024
TANGGAL SK : 18/07/2024

Jurusan Ilmu Hukum adalah studi yang mempelajari berbagai sistem hukum yang berkaitan dengan kehidupan kemasyarakatan. Di Prodi Ilmu Hukum, mahasiswa juga belajar mengenai perundang-undangan termasuk di dalamnya hukum dasar (konstitusi, hukum perdata, hukum dagang, hukum tata negara, hukum pidana, hukum tata pidana) hingga hukum internasional dengan cakupan yang cukup luas. Pada akhir masa kuliah, biasanya mahasiswa jurusan ini dituntut untuk mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh selama kuliah melalui magang di berbagai firma hukum, lembaga pengadilan, dan juga kantor kejaksaan.

Mahasiswa yang telah menuntaskan pendidikan di jurusan ini diharapkan dapat menguasai dengan baik hukum dan sistem hukum di Indonesia, mempunyai keterampilan dan pengetahuan ilmiah untuk mengembangkan hukum, peka terhadap permasalahan keadilan dan masyarakat, mampu mengenali dan menganalisis permasalahan hukum, serta mampu menerapkan hukum dan peraturan perundang-undangan untuk menyelesaikan masalah hukum.

Prospek Kerja
Lulusan Jurusan Ilmu Hukum kerja apa? Tidak perlu bingung, karena prospek kerja yang menanti lulusan jurusan ini sangat bervariasi. Akan tetapi, beberapa pilihan karier mengharuskanmu untuk menempuh studi lanjut setelah lulus S1. Misalnya, kamu yang ingin jadi pengacara harus ambil Pendidikan Khusus Profesi Advokat. Kalau kamu bercita-cita jadi notaris maka harus menempuh S2 Kenotariatan.

Meskipun begitu, bukan berarti lulusan sarjana atau S1 Ilmu Hukum tidak bisa langsung bekerja, karena terdapat beberapa pilihan karier yang bisa kamu geluti, seperti sebagai staf legal di perusahaan, pekerjaan di bidang personalia atau HRD, management trainee, hingga bagian keuangan di perusahaan. Jurusal Ilmu Hukum juga dapat berkarier sebagai jaksa atau hakim di lembaga pengadilan.

Rata-rata gaji awal yang ditawarkan pada lulusan Ilmu Hukum sangat bervariasi, umumnya mulai dari kisaran Rp4.000.000, tergantung pada kemampuan, area tempat bekerja, tingkatan saat diterima, dan pengalaman yang Quipperian miliki. Berikut beberapa pilihan karier yang bisa kamu geluti

Kompetensi Prodi

  • Jurusan Ilmu Hukum adalah studi yang mempelajari berbagai sistem hukum yang berkaitan dengan kehidupan kemasyarakatan. Di Prodi Ilmu Hukum, mahasiswa juga belajar mengenai perundang-undangan termasuk di dalamnya hukum dasar (konstitusi, hukum perdata, hukum dagang, hukum tata negara, hukum pidana, hukum tata pidana) hingga hukum internasional dengan cakupan yang cukup luas. Pada akhir masa kuliah, biasanya mahasiswa jurusan ini dituntut untuk mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh selama kuliah melalui magang di berbagai firma hukum, lembaga pengadilan, dan juga kantor kejaksaan.

    Mahasiswa yang telah menuntaskan pendidikan di jurusan ini diharapkan dapat menguasai dengan baik hukum dan sistem hukum di Indonesia, mempunyai keterampilan dan pengetahuan ilmiah untuk mengembangkan hukum, peka terhadap permasalahan keadilan dan masyarakat, mampu mengenali dan menganalisis permasalahan hukum, serta mampu menerapkan hukum dan peraturan perundang-undangan untuk menyelesaikan masalah hukum.

Visi

  • Jurusan Ilmu Hukum bisa dikatakan sebagai jurusan favorit di rumpun sosial humaniora. Bahkan, hampir seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia menawarkan jurusan Ilmu Hukum. Daya tampung yang ditawarkan oleh Perguruan Tinggi di tiap tahun umumnya sangat besar. Jadi, peluangmu untuk menjadi mahasiswa di kampus impian dan diterima kuliah di jurusan Ilmu Hukum cukup tinggi.

    Apa yang akan kamu pelajari di jurusan ini? Semua yang kamu pelajari di jurusan Ilmu Hukum selama 4 tahun atau 8 semester sampai akhirnya meraih gelar Sarjana Hukum (S.H.), terpusat pada praktek hukum dan tata peraturan perundang-undangan. Kamu akan banyak melakukan kajian terhadap berbagai kasus hukum baik secara yuridis maupun normatif. Di jurusan ini kamu juga akan dibentuk sebagai seseorang yang memiliki keberanian. Hal ini mengingat kamu terbiasa untuk menyelesaikan berbagai kasus hingga mentalmu menjadi tangguh. Pembawaanmu pun tak jarang berubah menjadi tegas, tapi bukan berarti mahasiswa Ilmu Hukum itu galak ya, Quipperian.


    Mata kuliah yang akan kamu temui di jurusan Ilmu Hukum antara lain Hukum Pidana, Hukum Perdata, Hukum Tata Negara, Hukum Administrasi Negara, Hukum Agraria, Hukum Perdagangan, Hukum Adat, Hukum Internasional, Hukum Waris, Hukum Lingkungan, Hukum dan Hak Asasi Manusia, dll. Selama kuliah, Quipperian juga akan dibekali dengan pelatihan paralegal dan praktek kemahiran litigasi.

    Ilmu hukum merupakan program studi yang mempelajari seluruh aspek hukum, saat ini ada juga jurusan yang lebih spesifik seperti kriminologi, hukum tata negara dan hukum ekonomi syariah, dapat menjadi opsional jika ingin kuliah bidang hukum.

Misi

  • Kenapa Harus Memilih Jurusan ini?

    1. Lulus dari jurusan Ilmu Hukum, Quipperian akan menjadi pribadi yang kritis, lugas, serta memiliki kemampuan analisis yang dalam.
    2. Menjadi seorang Sarjana Hukum juga memungkinkanmu untuk terlibat dalam pengkajian peraturan perundang-undangan, lho.
    3. Kesempatan untuk melanjutkan studi ke jenjang pascasarjana juga besar lho.
    4. Prospek kerja untuk lulusan Ilmu Hukum sangat terbuka lebar, karena hampir semua instansi pemerintah dan perusahaan membutuhkan ahli hukum. Oleh karena itu, kamu tidak perlu pusing memikirkan akan kerja apa setelah lulus nanti.
    5. Jika kamu ingin menjadi seorang atasan, bisa banget nih buka kantor pribadi, apalagi kalau bukan kantor firma hukum, maupun notaris dan PPAT. Sekalian menciptakan lapangan pekerjaan, kan?

Kontak Prodi

  • Alamat:

    BTP Grand Central No. 12 Makassar

  • Telepon:0816340098
  • Email:univ.famika@gmail.com