• 08124202015
  • BTP Grand Central No. 12, Makassar
  • 08124202015
  • BTP Grand Central No. 12, Makassar
profile

(S1) S1 Manajemen

Fakultas Manajemen

AKREDITASI : BAIK
TANGGAL BERDIRI : 18/07/2024
SK PENYELENGGARA : 432/E/O/2024
TANGGAL SK : 18/07/2024

Kenapa Harus Memilih Jurusan ini?

  1. Setiap jenjang karier di tiap-tiap bidang pasti membutuhkan seorang manajer. Hal ini menjadi bukti bahwa Ilmu Manajemen dibutuhkan di setiap lini yang ada di perusahaan.
  2. Peluang karier yang bisa kamu bisa dapatkan akan semakin luas.
  3. Kamu akan mendapatkan kesempatan yang sangat luas untuk terus mengembangkan diri di berbagai bidang keilmuan.
  4. Sangat mudah bagi kamu untuk bisa bekerja di bidang apapun jika kamu mengambil jurusan ini sebagai pilihan.
  5. Sumber referensi dari Ilmu Manajemen sangat luas. Kamu bisa mempelajari lebih dalam tentang ilmu ini dari berbagai sumber, seperti buku, internet, youtube, atau jurnal ilmiah.

Kompetensi Prodi

  • Jurusan Manajemen merupakan bidang keilmuan yang mempelajari tentang kegiatan perusahaan atau korporasi, yang masih memiliki keterkaitan dengan ilmu ekonomi dan bisnis. Jika Quipperian mendalami Ilmu Manajemen maka akan belajar menjadi seorang “pengendali” layaknya tokoh Aang pada serial Avatar. Jika Aang mengendalikan elemen bumi, kamu akan mengendalikan roda perusahaan berupa kegiatan yang meliputi kebijakan manajemen perusahaan, organisasi, strategi bisnis, ketenagakerjaan dan kepegawaian, manajemen produksi, pemasaran, administrasi, hingga organisasi nirlaba.

    Oleh karena setiap hal memiliki tata cara pengelolaan tertentu yang perlu diperhatikan, membuat ilmu manajemen menjadi terus berkembang dan dipelajari secara lebih spesifik. Berikut adalah macam-macam jurusan manajemen yang bisa kamu temui di Indonesia dari berbagai jenjang.

Visi

  • Prospek Kerja

    Peluang karier yang dimiliki lulusan manajemen bisa bilang sangat luas karena bisa mencakup berbagai jenis pekerjaan dan beragam jenjang karier. Dengan bekal keilmuan yang dipelajari di bangku perkuliahan, pada umumnya penguasaan ilmu manajemen dapat menjadi nilai jual yang patut dibanggakan. Oleh karena itu, kamu tidak perlu bingung akan bekerja apa dan di mana setelah lulus nanti.

    Secara umum, rata-rata gaji awal lulusan manajemen berada pada kisaran Rp4.000.000, dengan pekerjaan pada level staf dari bidang tertentu di suatu perusahaan. Meskipun begitu, besaran ini sangat bergantung pada kemampuan, area tempat bekerja, level yang dimasuki, dan pengalaman yang dimiliki.

    Karier di sektor ekonomi dan keuangan menjadi pilihan utama bagi lulusan jurusan ini. Meskipun begitu, pada dasarnya banyak sekali potensi yang bisa kamu kembangkan dengan mencoba untuk bekerja di sektor lainnya, seperti pendidikan, media, kreatif, dll. Terlebil lagi, setiap bidang di perusahaan membutuhkan seorang yang memiliki pemahaman mumpuni di bidang manajemen. Kamu juga berpeluang untuk menjadi seorang pengusaha dan merintis bisnis kamu sendiri yang sesuai dengan minat dan bakat kamu. Berikut beberapa pilihan karier yang bisa kamu geluti:

Misi

  • Dengan memilih Manajemen sebagai program studi selanjutnya, kamu akan mempelajari banyak hal terkait dunia ekonomi dan bisnis. Saat kuliah di prodi Manajemen, Quipperian akan belajar bagaimana caranya mengelola perusahaan baik dalam aspek finansial, operasional, promosi, maupun mengatur struktur organisasi perusahaan. Terdapat beberapa elemen yang bisa kamu pilih untuk mendalami Ilmu Manajemen, seperti Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Organisasi, Manajemen Operasi, Manajemen Pendidikan, dan lainnya. Umumnya, kamu akan ditempa selama 4 tahun atau 8 semester dan meraih gelar Sarjana Manajemen atau Sarjana Ekonomi setelah menuntaskan studi.

    Beberapa mata kuliah yang bisa kamu temui misalnya Pengantar Bisnis, Pengantar Teori Ekonomi, Matematika, Statistika, Akuntansi Manajemen, Akuntansi Biaya dan beberapa mata kuliah yang sangat spesifik seperti, Manajemen Kinerja dan Balas Jasa, Bisnis Ritel, Etika Bisnis, Analisis Laporan Keuangan, Studi Perencanaan dan Kelayakan Bisnis, Manajemen Operasi, Manajemen Strategis, Manajemen Risiko, Manajemen Mutu dan Produktivitas, dan Manajemen Kuantitatif.

    Saking hits dan tingginya minat pada jurusan ini, kamu akan dengan mudah menemukan kampus yang membuka Jurusan Manajemen semudah menemukan franchise minimarket yang tersebar di penjuru kota. Mengacu data dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, tidak kurang dari 2.500 jurusan Manajemen dengan variasi konsentrasi dan jenjang yang dapat kamu pilih. Selain itu, peminatan untuk jenjang pascasarjana pun sangat banyak dengan berbagai pilihan kampus bergengsi di luar negeri yang bisa kamu jadikan referensi.

    Oleh karena pilihan kampus yang menawarkan pendidikan pada Prodi Manajemen sangatlah banyak, kamu perlu melakukan riset cukup dan mempelajari detail kurikulum yang ditawarkan di masing-masing kampus. Selain itu, pelajari juga rekam jejak lulusannya ya

Kontak Prodi

  • Alamat:

    BTP Grand Central No. 12 Makassar

  • Telepon:0816340098
  • Email:yudi@famika.ac.id